Selasa, 11 Desember 2012

P O N E D


Pengertian
PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar) merupakan pelayanan untuk menggulangi kasus-kasus kegawatdaruratan obstetric neonatal yang meliputi segi :
·               Pelayanan obstetric : pemberian oksitosin parenteral, antibiotika perenteral dan sedative perenteral, pengeluaran plasenta manual/kuret serta pertolongan persalinan menggunakan vakum ekstraksi/forcep ekstraksi.
·               Pelayanan neonatal : resusitasi untuk bayi asfiksia, pemberian antibiotika parenteral, pemberian antikonvulsan parenteral, pemberian bic-nat intraumbilical/Phenobarbital untuk mengatasi ikterus, pelaksanaan thermal control untuk mencegah hipotermia dan penganggulangan gangguan pemberian nutrisi

PONED dilaksanakan di Puskesmas Perawatan , dan menerima rujukan dari tenaga atau fasilitas kesehatan di tingkat desa atau masyarakat dan merujuk ke Rumah Sakit.

PPGDON (Pertolongan Pertama pada kegawatdaruratan obstetric dan neonatal).
Kegiatannya adalah menyelamatkan kasus kegawatdaruratan kebidanan dan neonatal dengan memberikan pertolongan pertama serta mempersiapkan rujukan. PPGDON dilaksanakan oleh tenaga atau fasilitas kesehatan di tingkat desa dan sesuia dengan kebutuhan dapat merujuk ke Puskesmas PONED atau Rumah Sakit.

Dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan dan pelayanan untuk menanggulangi kasus-kasus kegawatdaruratan obstetric neonatal, Tim Puskesmas Poned Karangrejo pada hari Selasa tanggal 11 Desember 2012 beranjangsana dan belajar ke Puskesmas Poned Ngunut.

 Tim Puskesmas Poned Karangrejo bersama Kepala Puskesmas Ngunut, dr. Kasil


Tim Puskesmas Poned Karangrejo, gayeng berbagi pengalaman

 Disamping belajar tentang Poned, Tim Puskesmas Poned Karangrejo juga melihat secara langsung kegiatan layanan di UGD.

 Alat USG di Puskesmas Poned Ngunut



 Layanan USG bagi bumil diperiksa oleh dr. Kasil


 Video pemeriksaan Bumil dengan USG :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar