Hasil IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)
Terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas Karangrejo Th 2013
A.
Ruang Lingkup
Pelaksanaan
kegiatan pengukuran IKM dilaksanakan di Puskesmas Karangrejo
pada tanggal 17 -21
Juni 2013 terhadap responden
yang menjadi pengunjung pada Puskesmas Karangrejo.
B.
Langkah-langkah
Penyusunan IKM
1.
Persiapan
Meliputi kegiatan :
a. Penetapan pelaksanaan yang
dilaksanakan oleh Puskesmas Karangrejo.
b. Penyiapan bahan berupa kuesioner serta alat yang digunakan.
c. Penetapan jumlah responden minimal 150 orang dari jumlah populasi penerimaan
layanan dengan dasar (“Jumlah unsur” + 1) x 10 = Jumlah. Jadi Responden (14 + 1 ) x 10 = 150 orang
(Kategori data analisis oleh Fredman).
d. Penentuan tempat pelayanan yaitu Unit Pelayanan Rawat Jalan (UPRJ).
e. Pembekalan tim pelaksana Survei.
2.
Pelaksanaan
Pengumpulan Data
Data yang diperolah dalam kegiatan ini adalah data primer, yaitu
data yang diperoleh langsung dari responden melalui wawancara tatap muka (Face to face interviews) dengan menggunakan kuesioner
terstruktur yaitu 14 unsur pelayanan yang
telah ditetapkan, kemudian dilanjutkan pemeriksaan kuesioner yang telah terkumpul
untuk dilakukan diediting.
Pengumpulan data dilakukan memalui survei atau penyebaran
kuesioner kepada masyarakat yang menjadi pelanggan dari instansi pelayanan umum
tersebut, dengan jumlah responden adalah 150 ( Seratus Lima Puluh )
orang.
Kegiatan penyebaran kuisioner telah dilaksanakan tanggal 17 sampai 21 Juni 2013.
Kriteria responden IKM adalah pengunjung atau
penderita yang datang untuk mendapatakan pelayanan kesehatan pada
Puskesmas Karangrejo.
Responden
dipilih secara Simple Random sampling dari semua pengunjung Puskesmas
Karangrejo yang masuk kriteria responden di tiap unit pelayanan.